Senin, 23 Mei 2011

KENANGAN DI AL-SYUKRO (3)

Lancar, Ujian Sekolah (Praktik) siswa kelas IX SMP Islam Al Syukro PDF Print E-mail
Contributed by Yanto   
Monday, 26 April 2010
        Baru saja usai menuntaskan jadwal Ujian Sekolah Tulis Utama, pada 12 – 15 April 2010, para siswa kelas IX SMP Islam Al Syukro kembari harus menghadapi Ujian Sekolah Praktik yang diselenggarakan sejak Senin (19 April 2010) hingga Jum’at ( 23 April 2010).
        Ada sepuluh mata pelajaran dalam Ujian Sekolah Praktik ini, mulai dari Bahasa Indonesia, Seni dan Budaya, Sains, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Komputer, Pendidikan Agama Islam, Tahfdz, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, serta Leadership.
Bahasa Arab dan Tahfidz
        Menurut Bapak Kholid Ma’mun Lc selaku Guru Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam, pihaknya melaksanakan Ujian Sekolah Praktik Bahasa Arab dengan mengetengahkan soal mengenai perbincangan sehari-hari. “Misalnya, percakapan siswa tentang profil dirinya. Mulai dari nama, nama orang tua, berapa saudara kandung, alamat rumah tempat tinggalnya, transportasi pergi ke sekolah naik apa, dan sebagainya. Kalau mereka lancar mengucapkan, dan lancar menjawab pertanyaan dalam percakapan sehari-hari berbahasa Arab ini, sudah pasti nilai mereka akan bagus,” tuturnya.
        Sedangkan untuk Ujian Sekolah Praktik mata pelajaran Tahfidz, kata Pak Kholid, para siswa kelas IX SMP Islam Al Syukro diminta untuk membaca hafalan Al Qur’an surat Al Qiyamah (juz ke-29). “Karena, sejak mereka kelas VII, sebenarnya mereka sudah menghafal sepertiga dari juz ke-29 ini, lalu ditambah lagi pada saat mereka kelas VIII, semakin bertambahlah kualitas dan kuantitas hafalan mereka ini. Barulah pada kelas IX, maka Ujian Sekolah Praktiknya adalah membaca Al Qur’an Surat Al Qiyamah (juz ke-29),” terangnya sembari mengatakan bahwa para siswa juga diminta untuk membaca hafalan Juz ‘Amma khususnya, surat-surat pendek.
Bahasa Inggris
        Sementara itu, Bapak Candra Pirngadie SS selaku Guru Bahasa Inggris menjelaskan, untuk Ujian Sekolah Praktik mata pelajaran Bahasa Inggris, pihaknya mengkolaborasikan tes praktik antara reading, wrting, listening dan speaking. “Artinya, guru hanya menyediakan soal. Sementara yang membaca soal adalah siswa sendiri, yang menulis soal adalah siswa sendiri, begitu pun dengan instruksi soal, semua ditulis dalam Bahasa Inggris. Dengan demikian, sejak siswa membaca soal, menaati instruksi yang diajukan, dan menulis jawaban dari soal yang dimaksud, semua memiliki nilai tersendiri.  Termasuk, ketika guru menanyakan instruksi khusus mengenai soal yang dimaksud dalam Bahasa Inggris, akan dinilai, apakah siswa memahami apa instruksi soal yang dimaksud,” ujarnya sembari menyebut bahwa Ujian Sekolah Praktik Bahasa Inggris ini langsung ditangani oleh Bapak Nujuludin Siregar SPd yang juga berprofesi sama yaitu Guru Bahasa Inggris SMP Islam Al Syukro.
Komputer
        Untuk Ujian Sekolah Praktik Komputer, Bapak Arnes Yudhistira selaku Guru Bidang Studi Teknologi Informasi & Komunikasi mengatakan, para siswa diminta untuk membuat naskah dan tabel dengan menggunakan program komputer MS Word dan MS Excel. “Mereka juga di-tes praktik untuk menggunakan media online atau internet, khususnya diuji kemampuannya mempergunakan fitur Search Enginee, IP Adress, pengenalan ping dan lainnya,” tukas Pak Arnes sembari menambahkan bahwa tiap siswa dikenakan waktu delapan menit untuk mengerjakan soal-soal tersebut. (fdl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar