Kamis, 05 Mei 2011

Khutbah Jum'at


Jum’at 11 Maret, 2011 (Masjid Abu Bakar-PPMDI)


KRISIS MORAL DAN UPAYA MENGATASINYA


Sidang jum’at Rahimakumullah

Bangsa kita yang mayoritas penduduknya beragama Islam dikenal dengan sebutan masyarakat yang religius. Suatu sebutan yang ingin menggambarkan bahwa masyarakat kita itu dalam bersikap dan berprilaku selalu berpedoman kepada nilai-nilai Islam. Namun beberapa tahun terakhir ini terjadi pergeseran nilai yang semakin mengkhawatirkan.
Sebagai contoh: korupsi dinegara kita ternyata telah menempati ranking Nomor 3 di dunia setelah china dan Vietnam, bahkan hal ini diperkirakan tidak bisa diatasi dalam waktu seratus tahun. perzinaan semakin merajalela dimana-mana, bahkan yang semula lokalisasi perzinaan dimaksudkan untuk membatasi malah semakin banyak tempat yang diperlukan. Kasus-kasus pemerkosaan hampir setiap hari menghiasi halaman surat kabar dan majalah. Perampokan dengan disertai pembunuhan dan penganiayaan semakin menunjukkan gejala yang semakin banyak. Sementara para pelajar sering kali malakukan tawuran diantara sesama mereka yang mengakibatkan bukan hanya belajar mereka jadi tidak serius, tetapi tidak sedikit dari mereka yang akhirnya tewas mengenaskan. Dan masih banyak lagi deretan panjang gambaran dari kerusakan moral dan akhlak masyarakat kita.
Akhirnya karena sudah begitu banyak terjadinya kerusakan akhlak atau moral yang semakin mengkhawatirkan, Allah swt. merasa perlu memberikan teguran secara langsung atau tidak langsung, yakni dengan begitu banyaknya terjadi berbagai macam bencana, mulai dari kebanjiran, gunung meletus, tsunami, kebakaran, kecelakaan dan sebagainya. Semua itu memang tidak lepas dari perilaku manusia juga, Allah swt. berfirman,:
tygsß ßŠ$|¡xÿø9$# Îû ÎhŽy9ø9$# ̍óst7ø9$#ur $yJÎ/ ôMt6|¡x. Ï÷ƒr& Ĩ$¨Z9$# Nßgs)ƒÉãÏ9 uÙ÷èt/ Ï%©!$# (#qè=ÏHxå öNßg¯=yès9 tbqãèÅ_ötƒ ÇÍÊÈ  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar