Sabtu, 13 Agustus 2011

Semarak Ramadan di Daar El-Istiqomah


Semarak Ramadan di Daar El-Istiqomah                                 
Monday, 08 Aug 2011 | 02:03:16 WIB
Description: http://kabar-banten.com/uploads/img/1583.jpg
Terkait
PONDOK Pesantren Modern Daar El-Istiqomah (PPMDI) Kota Serang setiap Ramadan selalu mengadakan berbagai macam kegiatan yang melibatkan seluruh aktivitas akademis. Rangkaian kegiatan tersebut, antara lain pengajian kitab (tafsir Surat Yasin, Ta’lim Muta’alim, dan Jurumiyah), kuliah umum menjelang ifthar, salat tarawih, dan Kultum menjelang salat Tarawih, dan pesantren Ramadan tingkat Aliyah se-Banten.
Menurut Pemimpin PPMDI Kota Serang, Drs. KH. Sulaeman Ma’ruf didampingi Ustaz. Kholid dan Ustaz Rizki, kegiatan tersebut dalam rangka penggemblengan para santri yang dipusatkan selama Ramadan.
“Adapun materi kegiatannya tadarus menjelang makan sahur, kultum (bada Subuh), pengajaran klasikal (07.00 WIB-12.00 WIB), dan dialog Ramadan (17.00 WIB-buka puasa). Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan, sehingga persiapan dilakukan lebih matang. Para pembina pembahasan tafsir dan kitab klasik merupakan para guru/ustad berpengalaman sesuai dengan bidangnya,” katanya.

Pogram unggulan
KH. Sulaeman memaparkan, di Pesantren Daar El-Istiqomah tercipta tripusat pendidikan yang terpadu. Yaitu pendidikan rumah tangga, sekolah, dan masyarakat. Pesantren bukan hanya menanamkan aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik. Pesantren bukan hanya mengasah kecerdasan otak dan keterampilan tangan, tetapi juga kekuatan mental dan kecerdasan spiritual.
Dengan bentuk pesantren inilah Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah sangat konsisten menerapkan disiplin berasrama bagi para penghuninya. Asrama penuh dengan program pendidikan, bukan sekadar sebagai tempat tidur santri. Dengan sistem asrama, para santri bisa berinteraksi dengan para guru secara lebih efektif dan produktif.
Selain itu, santri dapat sepenuhnya terwarnai oleh program-program pendidikan pondok sehingga steril dari pengaruh kultur masyarakat sekitar yang kurang edukatif dan Islami. Sistem asrama dapat pula mendidik santri dalam hal kemandirian, leadership, ukhuwah, dan bersosialisasi dengan teman-temannya yang memiliki latar belakang budaya beraneka ragam.
Keistimewaan lain dari sistem asrama Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah adalah mengutamakan metode keteladanan dengan menjadikan kiai dan guru-guru sebagai figur sentral. Asrama Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah juga menciptakan lingkungan yang kondusif dengan masjid sebagai pusat yang menjiwai seluruh santri. Pasalnya, pesantren memiliki banyak keunggulan dibanding bentuk lembaga pendidikan lainnya.

Pembangunan
Dalam rangka memperindah dan memperbaiki fasilitas Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah dan untuk mempersiapkan Milad ke-25 PPMDI, membangun/merehabilitasi rarana prasarana di pesantren. Antara lain pemagaran pintu masuk, merehab Masjid Abu Bakar Shidiq, pembuatan Griya Singgah, pengecoran jalan umum pesantren, dan pengecatan seluruh gedung.

Khutbatul ‘Arsy
Kegiatan tahunan Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah pada awal tahun ajaran baru yaitu Khutbatul ‘Arsy atau disebut juga pekan pekenalan. Kegiatan ini wajib diikuti seluruh santri PPMDI, diawali dengan kuliah umum pekan perkenalan bersama pemimpin dan seluruh dewan guru PPMDI, dilanjuti apel tahunan/pawai konsulatan, setelah mengikuti acara apel tahunan Khutbatul ‘Arsy.
PPMDI menggelar Perkemahan Khutbatul ‘Arsy dan juga mengadakan Pekan Olah Raga Seni Santri Daar El-Istiqomah yang dilombakan antarkonsulat/daerah
Dalam usianya ke-25 yang Miladnya akan diadakan Januari 2012, Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah selalu berupaya mengembangkan diri baik secara kualitas maupun kuantitas.

Prestasi
Sejak 1998 hingga 2011, PPMDI telah merai berbagai prestasi. Antara lain Lomba Pidato Bahasa Arab, Inggris, Indonesia sebanyak 20 kali, Lomba Debat Bahasa (5), Lomba Kepramukaan Tk. Penggalang dan Penegak (15) Lomba Syahril Quran,Tilawah, Adzan, Hifdzul Quran (10), Kaligrafi (5), Nasyid (5 ), Olimpiade MAFIKIBB (1), Marawis (1), LKBB (4), dan juara lainnya. (Abdul Rochim/”FB”)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar