Sabtu, 13 Agustus 2011

Ponpes Daar el-Istiqomah Galakkan Gerakan Pramuka


Ponpes Daar el-Istiqomah Galakkan Gerakan Pramuka

Monday, 08 Aug 2011 | 03:03:57 WIB
Description: http://kabar-banten.com/uploads/img/1608.jpg

Terkait

SEBAGAI wadah pendidikan luar sekolah dan luar keluarga, gerakan Pramuka memiliki banyak kegiatan positif bagi pembinaan kaum muda. Pendidikan nonformal yang menjadi ciri utama pendidikan kepramukaan, berperan besar sebagai komplemen dan suplemen pendidikan formal yang dilaksanakan di bangku sekolah.
Sungguh sangat tepat, apa yang dilakukan Pondok Pesantren (Ponpes) Daar el-Istiqomah, Kota Serang, sebagai wujud keseriusan dalam membina kaum muda (santri) sejak berdiri 25 tahun silam hingga sekarang, terus menggalakkan gerakan kepanduan. Selain untuk melatih kemandirian, mengasah keterampilan, serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan, juga sebagai ajang menempa diri menuju kedewasaan, baik kedewasaan dalam berpikir maupun kedewasaan dalam bertindak.
Menurut Pimpinan Ponpes Daar el-Istiqomah, Kota Serang, yang juga bertindak sebagai pembina gerakan kepanduan, Drs. H. Sulaeman Ma'ruf, memasuki era globalisasi saat ini, diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, berpotensi, mandiri dan kreatif. Oleh karena itu, gerakan Pramuka merupakan pendidikan yang dibutuhkan bagi para remaja dan anak-anak dalam meningkatkan SDM sebagai bangsa yang berkualitas tinggi.
"Kegiatan ini memberikan alternatif dalam mewujudkan generasi bertakwa, berbadan sehat, cekatan/tangkas, berpengetahuan luas, berpikiran bebas, dan berjiwa ikhlas, serta mampu mandiri dalam menghadapi segala tantangan di era globalisasi saat ini. Perlu kami tegaskan bahwa gerakan Pramuka merupakan ajang bagi santri untuk mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat di ruang belajar," ungkap KH. Sulaeman, saat ditemui Kabar Banten, di pondoknya, Minggu (7/8) kemarin.
Dia menjelaskan, dari 270 santri yang ada di Ponpes Daar el-Istiqomah, seluruhnya merupakan anggota aktif Pramuka (Penggalang dan Penegak). Mereka secara rutin berlatih setiap hari Kamis, mulai pukul 14.00 hingga pukul 17.00 WIB.
"Alhamdulillah, berkat semangat dan kesungguhan para santri dengan didukung penuh dewan guru, komite dan orangtua siswa, seluruh kegiatan, baik kokurikuler, maupun intra dan ekstrakurikuler berjalan baik. Khusus di pesantren kami, semua santri wajib mengikuti kegiatan pramuka," tutur Kiai Sulaeman yang didampingi Ustad Kholik.
Prestasi
Berkat kesungguhannya dalam mengembangkan gerakan Pramuka, Ponpes Daar el-Istiqomah sering ditunjuk sebagai penyelenggara (tuan rumah) perkemahan santri baik tingkat kabupaten/kota, maupun provinsi, termasuk peringatan HUT Pramuka setiap tanggal 14 Agustus.
Bukan hanya itu, santri (anggota Pramuka) Daar el-Istiqomah juga sering mewakili Banten pada gerakan kepanduan tingkat nasional. Seperti Jambore Nasional, Perkemahan Santri Nusantara, dan event kepanduan lainnya.
Pada Perkemahan Santri Nusantara di Jatinangor, Sumedang 2009, kami mengirimkan 2 regu. Tahun berikutnya, dua santri kami terpilih menjadi duta Banten pada Jambore Nasional 2010," katanya. (Abdul Rochim/"KB")***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar