Kamis, 19 Januari 2012

Surat Pembaca" Manasik Haji di Pesantren"


Redaksi yang terhormat
Ibadah Haji adalah merupakan salah satu rukun atau pilar Islam yang lima selain syahadatain, shalat, zakat dan puasa, maka dari itu sudah menjadi kewajiban bagi muslim dan muslimat untuk dapat mengetahui apa ibadah haji itu dan bagaimana proses pelaksanaanya!?
Pondok Pesantren Modern Daar El Istiqomah Kampung Kesawon Kelurahan Sukawana Kota Serang, Sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam mengajarkan praktik manasik haji kepada anak didiknya yang di laksanakan pada hari Ahad 1 Muharram 1433 H yang bertepatan dengan 27 November 2011 kegiatan ini di ikuti seluruh santriwan, santriwati, para asatidz dan juga ikut serta dalam kegiatan ini mudir ma’had dan wakil (pimpinan Pesantren) Ust.Drs.KH.Sulaeman Ma’ruf dan Ustd. Hj.Maunatul Hayat, jelas Ust. H.Kholid Ma’mun, MA sebagai penanggung jawab kegiatan ini.         
Kegiatan ini bertujuan mengajarkan kepada santriwan dan santriwati bagaimana praktik pelaksanaan haji yang sesungguhnya, karena selama ini santri hanya mengetahui teorinya saja sebagaimana yang mereka ketahui melalui kitab-kitab fikih.
Dalam pelaksanaan kegiatan ini santri dibagi beberapa kelompok yaitu kelompok perkelas putra dan putri dengan didampingi ustadz untuk kelompok putra dan ustadzah untuk kelompok putri disetiap kelompok, yang kebagian barisan paling depan dalam manasik haji ini adalah santri akhir tahun yaitu kelas VI KMI (Kulliyatul Muallimin Al Islamiyah) putra, V putra, IV putra, III intensif  putra, I intensif putra, III putra, II putra, I putra demikian juga dengan urutan sama dalam kelompok putri di mulai dari kelas VI sampai dengan kelas I KMI.
Dalam kegiatan manasik haji ini berlangsung dengan khusu’ dan khidmat karena setiap pembimbing dari masing masing kelompok diberikan buku panduan yang disusun secara sistematis oleh panitia pelaksana sehingga setiap kelompok dapat mengikuti praktik ibadah haji ini dengan baik. Disamping ada pembimbing perkelompok juga ada pembimbing secara umum yang di pandu oleh penanggung jawab kegiatan manasik haji ini yaitu Ust. H.Kholid Ma’ mun, MA.
Terus terang saya sebagai santri PPMDI sangat bangga dan senang bisa ikut belajar menuntut ilmu di Pondok Pesantren Modern Daar El Istiqomah ini, karena di sini saya bisa mendapatkan banyak ilmu, hal ini dikarenakan pembelajaran baik di dalam kelas maupun diluar kelas sangat banyak dan berfariatif diantaranya adalah kegiatan manasik haji ini, semoga saya dan pembaca yang budiman suatu saat nanti dapat menunaikan rukun Islam yang ke lima ini. Amin.
Muhammad Zubair Al Habib-(Santri asal Malaysia kelas II Kulliyatul Muallimin Al Islamiah-Daar El Istiqomah)

Artikel ini telah dimuat di Koran “Kabar Banten” Surat Pembaca, Kamis 19 Januari 2012, hal 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar